Sabtu, 05 Januari 2013

Cerita pendek di unit S



Perjalanan 3 jam dari jakarta menuju ke timur,cukup melelahkan..sampai di tiga per empat perjalanan sekitar jam 9 wit.kita disambut aparat dengan berbagai pertanyaan,ada sebagian yang di karantina karena menunggu  yang bertanggung jawab atas kedatanganya...
Perjalaman naik ojek menyusuri pantai yang indah,tidak membuat lelah ini hilang....hanya keinginan  seteguk sopi yang bisa menghilangkan lelah.jam 17 wit,kita melanjutkanperjalanan laut dengan waktu tempuh perjalanan 9 jam..gelombang yang kurang bersahabat menyambut kedatangan beta,btn dermaga tempat persinggahan sementara yang penuh dengan intrik politik dalam selimut,itu semua membuat betee,waktu karantina selama 2 minggu di btn dermaga habis,....Tugas siap dijalankan..keputusan aku ditugaskan srvy ke unit s...perjalanan 60km dengan bak terbuka,30'C tidak membuat semangt ku kendor,2 km menuju unit s disabut dengan jalan tanah yang berdebu.
Hari pertama survy ku menemukan beberapa metode untk pilihan proses.ku dan teman pada hari kedua langsung melakukan penggalian tanah dengan kapasitas vol 11rb liter.ku merencanakn proses perendaman dengan teknik absorpsi in pipa.dan penyerapanya menggunakan karbn aktf
Proses perendaman memakan waktu 2minggu.
Proses ke dua ku menggunakan alat konsenttator yaitu wave tble,material yang dipake adalah limbah sisa tromol....
Ternyata wve tble ini sangat sakti lhox.....selain kita mendapat Hg sisa,kita jga mndapat Au yang luar biasa......
Kronologis barang sakti ini katanya di buat di amrik oleh mpu ....apa gto namanya.
Keampuhanya terbukti.....
Dari perhitungan dan jenis materialnya alat ini sangat beta rekomendasikan untk proses limbah tromol di unit s.
Perjalanan proses tidak hanya cukup dengan  vat leacng dan wve tble,tapi kita coba lgi dengan tek.konsentorator yang lain..
Kita mencoba dengan teknik plotasi,kita rakit dulu colectornya dan agen foam nya.ada beberapa tahapan yang penting dalam mengambil mineral ekonomis dengan menggunakan sistem ini.
Hasil dari semua proses komsentrator apabila tidak mempunyai alat pembakaran yang mumpuni,lebih baik di leacnh memakai cianida atau aqua regia.
Kesimpulan:
Pengolahan limbah di unit s kec.waeapu sangat ekonomis dan sangt perlu di tindak lanjuti.......
#sopi : jenis minuman khas maluku

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KIRIM ARTIKEL GRATIS

Selamat Datang Di Catatan Wiesnu Santiana

Bagi teman-teman yang meiliki ide atau aspirasi apa saja dan ingin berbagi dengan teman-teman yang lainnya, saya Wiesnu Santiana mengajak Anda untuk berpartisipasi mencurahkan fikirannya di blog ini. Caranya cukup mudah yaitu silahkan Anda isi Nama dan Email dahulu untuk masuk ke area Pengiriman Artikel kemudian klik tombol MASUK dan kemudian silahkan ikuti langkah selanjutnya di Area Pengiriman Artikel. Terima kasih..!


Hormat Saya
Wiesnu Santiana

Masukan Nama dan Email Anda yang valid pada form di bawah ini:

Nama :


Email :


Masukan Kode :
Security code