Sabtu, 05 Januari 2013

Leaching dengan NaCN



Batuan emas/gold ore dibagi:
Primer: emas terkat dalam batuan deposit dan menyebar merata/emas debu
Sekunder:emas bebas
Langkah-langkah :
Bahan baku:
lumpur sisa proses tromol
Bahan pembantu:
NaCN
Kapur
Caustik soda
PbNO3
H2O2
Carbon aktit
Borak
HNO3
Alat-alat
Tong/drum yang dilengkapi kerucut
Kompresor
Mesin diesel
Alat bakar
1set mixer
Proses
Material lumpur yang sudah lembut sekali dicampur dengan batu kapur+air.....
Aduk sampai rata,dan ini dilakukan dalam tangki/tong/drum..untuk pengadukan jangan bingung....masukan aja udara dari kompresor..pengadukan kalo perlu yang lama aja..biar pH material merata.nanti diikuti buih.......untuk bocoran pengadukan bikin aja 4-6 jam.
Nah...setelah itu masukan PbNO3 sekitar 0.1% -0.9% dari vol.material..(penambahan kimia ini kalo dianggap perlu saja,terutama kalo materialnya banyak mengandung pengotor besisulfida dan ikutan lainya).
Lakukan pengadukan juga,cukup 1jam.....
Coba cek pH......kalo masih kurang dari 10,tambahkan kaustik soda,jgn terlalu banyak .....sambil terus cek pH sampai di nilai 10.dan lakukan pengadukan terus sampai cape......saya reperensikan 3jam pengadukan.
Dan bahan untuk pelarutanya masukan NaCN sebanyak 0.1% - 2% dari vol.material tujuanya untk melarutkan emas dan mayerial ekonomis lainya,sebagai penentu ceklagi pH dan seting di 10.5 - 11.
Untk yang terakhr masukan deh H2O2.....ini sebagai oksidator ,membantu dalam mengikat oksigen lebih banyak.
Vol.atau konsentrasi bahan kimia bisa di tambah di angka max.bila ada beberapa parameter terewatkan..
Cat:
Pengadukan dari awal proses terus dilakukan jangn sampai terhenti.jangan sampe lumpur mengendap bro......
SETELAH SEMUA LANGKAH DI TEMPUH:
Cek pH di level 10.5-11,bila dibawah angka tersebut tambahkan kapur atau soda api dan bila angka di atas angka maka tambahkan sedikit as.nitrat.....setelah angka pH tetap diangka yang direferensikan,dimulai perhitungan waktu proses...
Selama 48 jam dan terus diaduk.
Langkah selanjut nya penyerapan/absorpsi menangkap emas yang terlarut dengan menggunakan carbon aktif,dan ini dilakukan setelah pengadukan selama 24 jam.karbon actif langsung dimasukan dalam tangki yang sedang diaduk..jangan sampe terhenti pengadukanya!!!!!!!!!
Penyerapan dilakukan selama 24 jam sambil diaduk.....lama juga yaaa,,,,,,,
Hsil akhr proses sianida adalah memisahkan carbon aktf dengan lumpurnya,,carbn yang sudah terpisah dikeringkan dan siap dibakar dalam hong...dengan menggunakan blower..hasil pembakaran berupa abu carbon berwarna putih,kalo pembakaran hongnya terlalu panas hasilpembakaran berwarna coklat merah kehitaman..tidak ada masalah dengan hasil hong yang berbeda....,
Setelah selesai timbang hasil dari pembakaran abu carbon untuk perbandingan penambahan borak.pakai borak 70% -100% dari berat abu.lalu lakukan pembakaran kedua menggunakan alat blender bakar...cara pembakaran abu ini memerlukan keterampilan sendiri jd tidak sembarangan dalam membakarnya..........
Woke deh selamat mencoba,,,,,,,,,,,kesenangan tersendiri bisa berbagi pengalaman dengan teman-teman semua.....
Cat penting.....persamaan untk dimaluku khususnya lumpur di p.buru pemakain garam cianida adl 0.25% ,pH 11.5 dan waktu proses 48 jam..........
Catatan maluku.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KIRIM ARTIKEL GRATIS

Selamat Datang Di Catatan Wiesnu Santiana

Bagi teman-teman yang meiliki ide atau aspirasi apa saja dan ingin berbagi dengan teman-teman yang lainnya, saya Wiesnu Santiana mengajak Anda untuk berpartisipasi mencurahkan fikirannya di blog ini. Caranya cukup mudah yaitu silahkan Anda isi Nama dan Email dahulu untuk masuk ke area Pengiriman Artikel kemudian klik tombol MASUK dan kemudian silahkan ikuti langkah selanjutnya di Area Pengiriman Artikel. Terima kasih..!


Hormat Saya
Wiesnu Santiana

Masukan Nama dan Email Anda yang valid pada form di bawah ini:

Nama :


Email :


Masukan Kode :
Security code