Kamis, 15 Desember 2011

Parameter Michaelis-Menten




Dalam sebuah reaktor batch dapat ditentukan jumlah substrat [So] dan enzim [Eo]. Hubungan konsentrasi produk atau substrat dan waktu dapat digambarkan. Harga slope awal dari kurva ini diestimasi (v = d[P]/dt|t=0 = -d[S]/dt|t=0). Setelah itu, harga v dicari hubungannya dengan [Eo] dan [So] di dalam reaktor. Banyak eksperimen yang dapat digunakan untuk mencari hubungan yang umum antara v dengan data [S].
Tetapi penentuan harga Kmsecara tepat dari sebuah grafik sangat sulit dilakukan. Oleh karena itu, digunakan metode lain untuk menganalisis data yang ada, yaitu Lineweaver-Burk Plot, Eadie-Hofstee Plot, dan Hanes-Woolf Plot.
A.    Double-reciprocal Plot (Lineweaver-Burk Plot)
      Persamaan linear yang digunakan untuk double-reciprocal plot adalah:
      V = V_\max\frac{[S]}{K_m + [S]}.  
{1 \over V} = {{K_m + [S]} \over V_{\max}[S]} = {K_m \over V_\max} {1 \over [S]} + {1 \over V_\max}

Grafik hubungan 1/v dan 1/[S] merupakan suatu garis lurus dengan slope Km/Vmdan intercept sumbu y 1/Vm. Double-reciprocal plotmemberikan estimasi yang baik dalam menentukan harga Vm­, tetapi tidak untuk harga Km. Karena error yang didapatkan pada data setiap titik untuk double-reciprocal plot tidak simetri, penggunaan analisis regresi (least square) harus dilakukan dengan hati-hati. Data yang diperoleh pada konsentrasi substrat rendah lebih mempengaruhi perubahan slope dan intersept dibandingkan dengan data yang diperoleh pada konsentrasi substrat tinggi.


Gambar I.10  Double-reciprocal (Lineweaver-Burk) plot (Shuler and Kargi, 1992)

B.     Eadie-Hofstee Plot
      Persamaan linear yang digunakan untuk Eadie-Hofstee plot adalah:
                 v = -K_m { v \over [S] } + V_\max
Grafik hubungan antara vdan v/[S] merupakan suatu garis lurus dengan slope Kmdan intersept sumbu y Vm. Eadie-Hofstee plotdapat memberikan error yang cukup besar karena terdapat variabel vpada kedua sumbu koordinat.
Gambar I.11   Eadie-Hofstee plot (Shuler and Kargi, 1992)

C.  Hanes-Woolf Plot
      Persamaan linear yang digunakan untuk Hanes-Woolf plot adalah:
{ [S] \over v } =  { [S] \over V_\max } + { K_m \over V_\max }                  
Grafik hubungan [S]/vdan [S] merupakan garis lurus dengan slope 1/Vmdan intersept sumbu y Km/Vm. Plotini digunakan untuk menentukan harga Vm yang lebih akurat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KIRIM ARTIKEL GRATIS

Selamat Datang Di Catatan Wiesnu Santiana

Bagi teman-teman yang meiliki ide atau aspirasi apa saja dan ingin berbagi dengan teman-teman yang lainnya, saya Wiesnu Santiana mengajak Anda untuk berpartisipasi mencurahkan fikirannya di blog ini. Caranya cukup mudah yaitu silahkan Anda isi Nama dan Email dahulu untuk masuk ke area Pengiriman Artikel kemudian klik tombol MASUK dan kemudian silahkan ikuti langkah selanjutnya di Area Pengiriman Artikel. Terima kasih..!


Hormat Saya
Wiesnu Santiana

Masukan Nama dan Email Anda yang valid pada form di bawah ini:

Nama :


Email :


Masukan Kode :
Security code